Friday, April 7, 2017

Program Sederhana Menggunakan JAVA (Mengetahui Umur)

Program Sederhana Menggunakan JAVA

Program java sederhana  Mengentahui Umur
              
  Program ini adalah program pertama saya di JAVA , di program ini saya akan menjelaskan langkah-langkah pembuatannya.

Sebelum masuk pada langkah-langkah tentunya sebagai pemula harus tau membuat project baru di java.
















  Langkah-langkah membuat project baru.
  1.  Klik pada icon seperti gambar folder + plus (Lingkaran merah nomor1) .
  2. Java untuk desktop.
  3.  Java Aplication
  4.  Next kemudian tahap selanjutnya.


 





 











  1. Project name : adalah nama Project yang akan kita buat, karena saya ingin membuat program mengetahui umur maka Project name saya umur
  2.   Setelah isccnama project langsung saja Finish
  3.  Project Folder already exist and is not empty : Notifikasi ini ada apabila kita membuat project baru namun dengan nama project tersebut sama dengan nama project yang telah di buat sebelumnya, karena saya sudah buat sebelumnya maka tampilah begitu. Heee..

Oke Project telah selesai di buat, yaitu umur.java mari kita lanjutkan pembuatan programnya.
  
Langkah-langkah untuk membuatnya.

  1.  Membuat skema

Skema diagram digunakan untuk membantu mempermudah  logika anda dalam membuat sebuah program.

 




















2.   Membuat Class

Dalam hal ini saya membuat Program menentukan umur jadi membutuhkan class biodata .
a.       Membuat class Biodata
Namun sebelumnya harus tau Cara membuat class baru di java
Oke, setelah sebelumnya sudah di buat project baru dengan nama umur maka untuk membuat class perhatikan gambar berikut.

 


 












Pembuatan class baru bisa di lihat gambar di atas, Project(umur) kalian tekan tanda + menjadi – disana ada Source Packages , Test Packages , Libraries dll nah klik yang Source Packages disitu berisi umur kalian klik + menjadi – maka akan terlihat umur.java artinya masih ada 1 class saja , klik kanan di umur pilih new à java Class.. berinama classnya Biodata dan selesai membuat class.
 

 

Untuk mempermudah sebaiknya langsung di beri tag komentar.




















a.       Deklarasi
Disini adalah tempat mendeklarasikan variable-variabel yang di butuhkan dalam pembuatan program.
Variabel adalah tempat penyimpanan nilai yang bersifat sementara(Temporary).
b.      Method setter
Membuat method setter ini bertujuan untuk mengatur atau mengeset nilai-nilai yang di peroleh dari class utama yang nantinya akan kita gunakan dalam class Biodata. Perlu di perhatikan dalam pembuatan setter harus sama dengan tipe data dengan tipe data variable yang di buat sebelumnya, jika sama  maka akan terjadi error.
Dalam pembuatan method setter kita menggunakan sub program berjenis prosedur di karenakan data-data yang akan di set tidak terdapat umpan balik ke dalam program .

Didalam pembuatan method setter terdapat sebuah keyword (this). Penggunaan keyword tersebut akan mengacu pada variable yang telah di deklarasikan di dalam class. Jika variable tidak di berikan keyword this maka Variabel-variabel tersebut akan mengacu pada variable yang di deklarasikan di parameter method setter bukan variable pada class.

c.       Method getter
Pembuatan method getter ini bertujuan untuk mengambil nilai dari masing-masing variable  di class Biodata yang nanti akan di kembalikan kedalam class utama, sama seperti pembuatan method setter yaitu tipe data variable harus dama dengan tipe data yang di deklarasikan di class.
d.      Method tambahan
Di dalam method ini hanya berisi tambahan-tambahan saja, untuk menampilkan output dll sesuai kebutuhan program.
Karena saya ingin menampilkan umur maka saya buat coding tambahan saya buat seperti gambar di atas . dan langkah selanjutnya
1.       Menuju class utama ( umur.java)
a.       Membuat kerangka
Untuk mempermudah dalam pembuatan maka kita buat kerangka di class utama seperti gambar di bawah.
 
 










b.      Instance of class
Instace of class ini adalah membuat sebuah objek yang bertipe class umur.
Contoh: karena proram ini mengetahui umur maka  objek yang saya buat disini adalah umur
Jadi penulisannya seperti gambar .
c.       Membuat inputan yang di isi user
Artinya user di minta mengiputkan ke dalam program melalui keyboard .
Sebelum membuat inputan maka anda harus membuat class yang nantinya akan menerima inputan salah satunnya adalah class BufferedReader yang terdapat pada packages java.io
Setelah itu buatlah semacam perintah yang mengharuskan user untuk menginput sesuai permintaan program yang nantinya akan di tamping ke dalam variable  contohnya : masukan umur anda :
d.      Membuat output.
Ini merupakan langkah terakhir setelah melalui proses input data dari user maka selanjutnya mengahsilkan informasi dari inputan tersebut (output program). Nah untuk mengambil data yang tersimpan dalam variebel kita cukup menggunakan method get(). Seperti gambar.
Coba perhatikan kotak warna ungu disitu ada umur.keterangan artinya kita kan memanggil dari class tambahan yang kita buat sebelumnya (class Biodata) makan akan di tampilkan tanpa harus menulis scriptnya kembali.




















                                 
Hasil Program :
Bagaiamana cara merunning atau menjalankan program ?
Oke , Perhatikan gambar.

 



Klik icon lingkaran merah atau dengan tombol F6.
Oke setelah di running inilah hasilnya :
Pastikan sebelum di running tidak ada script yang masih error agar program berjalan dengan lancer.


 
 






Ini adalah proses input data dari  user menggunakan keyboard. Selanjutnya
Inilah Hasilnya :
Program akan menampilkan output atau informasi sesuai data yang sudah kita inputkan.







Demikianlah tutorial pembuatan Program sederhana menggunakan java. Ini adalah program petama saya di java, silahkan di tunggu untuk updatan selanjutnya. Mohon maaf jika ada kesalahan dan mohon bantuannya untuk memperbaiki. Untuk masukan atau perbaikan serta mungkin yang belum paham silahkan tulis komentar di bawah. Satu komentar adalah ilmu. Terimakasih.


Previous Post
Next Post

Nama saya Syamsul Yadi, saya adalah seorang Programmer, khususnya Backend Developer. saya pun sedang meningkatkan kemampuan atau skill programming saya. ini adalah salah satu karya saya ydprog.com.

0 komentar: